Trik Bergaul Yang Baik

Trik Bergaul Yang Baik

Trik Bergaul Yang Baik

Berkata imam ibnu taimiyah:  Kebahagiaan dalam bergaul akan terwujud apabila Mengharap redho Allah Menjaga hak Allah dan tidak takut pada manusia di samping itu pula hendaknya hanya mengharapkan balasan dari Allah tidak menzholomi hak manusia. 

1. Janganlah mengharapkan balasan dari manusia

Berkata imam ibnu taimiyah: 

Hendaknya ia tau Allah yang maha memberikan kebutuhanya dan menjadikan dirinya bisa berbuat lebih maka jadikan semua itu kerena Allah dan jangan sekali kali meminta balasan dari manusia. 

2. Hindari pujian manusia

Berkata ibnu taimiyah: 
Jangan sekali kali kalian berbuat ibadah mengharapkan pujian orang jangan pula takut celaan manusia,  Seharusnya harapkanlah balasan Allah, jangan pernah takut selain pada Allah, hendaknya  beramal dan meninggalkan sesuatu kerena Allah sekalipun orang orang tidak suka. 

3. Cinta pada manusia seukuranya ukuran baiknya

Seorang bisa cinta pada sesuatu padahal itu buruk bagi Dirinya, benci pada sesuatu padahal baik baginya. 

Cintailah Kawanmu Sewajarnya kerena suatu saat ia bisa berubah jadi Musuhmu,  benci sewajar nya krena kemungkinan akan menjadi kawanmu. 

4. Adillah dalam menggauli mereka... 

Suroh Al maidah ayat 8 Memerintahkan kita untuk berbuat adil pada semua manusia keren keadilan itu lebih dekat pada ketaqwaan. 

Imam bin katsir Berkata: 
لايحملنكم بغض قوم على ترك العدل فيهم

Jangan sampai kebencianmu terhadap suatu kaum menjadikan kamu Berlaku tidak adik pada mereka. 
5.Santun terhadap manusia.. 

Imam bin qayyim berkata: 

Prilaku santun menyayangi makhluk dengan Melakukan sesuatu yang ia sukai bergaul dengan ramah tamah tidak membuatnya menjauh... 

6. Jangan menghukum kawanmu saat ia marah.. 

Berkata ibnul qayyim: 

Kapan saja kawanmu marah hingga berbicara yang tidak pantas maka tidak pantas bagi mu untuk menghukumnya atau memponisnya dengan Anggapan miring krena kondisi pikiranya lagi tidak stabil tidak sadar apa yang ia ucapkan. Bersobarlah atas kelancanganya kerena ia sedang dikalahkan syaithon. 

7. Beri maaf atas kesalahan nya. 

Berkata ibnul qayyim:  
Meminta maaf dan memberi maaf nampaknya hina sikaf rendah akan tetapi hakikatnya itu sebuah kemuliaan,  membalas kesalahan tanpaknya gagah perkasa tapi hakikatnya kerendahan kelemahan. Tidaklah seorang memberi maaf kecuali bertambah baginya kemuliaan... 

8. Jangan menampakkan permusuhan.. 

Berkata ibnul qayyim: 

Janganlah seseorang kalian memampakkan permusuhan terhadap orang lain, kerena bisa saja suatu saat ia Membutuhkan bantuanya , Sebab ketahuialah Menampakkan permusuhan akan mendatangkan keburukan dari arah yang tidak disadari.. 

9.Jangan sombong congkak dalam bergaul.. 

Berkata ibnul qayyim: 
Kesombongan merupakan reaksi dari sikaf bangga diri dan merasa lebih, Kezholiman muncul akibat dari kebodohan dalam bersikaf... 

10.Hindari bergaul dekat dengan kawan buruk. 


Bergaul dengan orang buruk perangai dapat Melemahkan hati untuk takut pada Allah, lemah dari ibadah melakulan perkara makruf, membuat diri lalai dan hina olehnya , membuang buang waktu buat kemashlahatan orang banyak dan kehilangan kawan baik... 

Semoga bermamafaat bagi semua... 

Zainal Abidin Lotim NTB.. 267.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: