Menghilangkan Rasa Malu dan Takut

Menghilangkan Rasa Malu dan Takut

Menghilangkan Rasa Malu dan Takut

Pada dasarnya orang yang memiliki  sifat pemalu dan rasa takut memiliki kesadaran kalau diri mereka lebih bisa dari pada orang lain. Hanya saja orang yang memiliki sifat pemalu dan takut biasanya selalu kehilangan kesempatan dalam keadaan tertentu terlebih kurang mendapat perlakuan yang menyenangkan dan terkucil dari hubungan sosial.

 

Orang yang memiliki sifat pemalu dan takut bisa dikatakan mendapat banyak kerugian dalam banyak hal, entah dalam hal percintaan pergaulan dan kehidupan sosial lainnya. Sebenarnya, rasa malu  dan takut itu berpusat pada diri sendiri dicampur dengan rasa gugup sehingga mengakibtkan ketegangan dan ketenangan diri menghilang.

 

Rasa malu dan takut  merupakan kombinasi dari kegugupan batin dan rasa dalam kondisi tertentu. Untuk mengatasi hal ini yang di butuhkan adalah belajar bersikap rileks dalam setiap pergaulan dan kehidupan sosial.

 

Terus berusaha untuk mengarahkan diri yang terlalu berpusat pada diri sendiri, berusaha untuk mempraktekan kemampuan bercakap-cakap dan memperbesar kepercayaaan diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Berusaha menghilangkan pikiran negatif sehingga muncul keberanian untuk mengutarakan sesuatu. Jangan pernah pesimis sebelum bertindak coba dulu lakukan yang terbaik.

 

Orang yang memiliki rasa malu dan takut akan selalu merasa kurang di hadapan orang lain sehingga kepercayaan diri menghilang terlebi dengan hal yang berkaitan dengan orang banyak. Setiap orang pasti pernah mendengar atau bahkan pernah merasakannya sendiri dalam hal mau dan takut.

 

Contoh saja ketika seorang cowok suka dengan cewek tetapi si cowok malu dan takut untuk menyampaikan dan mengutarakan rasa sukannya kepada si cewek. Sebetulnya anda mampu untuk menjawabnya. Tetapi anda tidak berani untuk mengungkapkannya. Sicowok tidak akan pernah tau isi hati sicewek jika sicowok tidak pernah menyampaikannya.

 

Disinilah letak kerugiannya, rasa malu dan takut itu hanya akan menjadi penyesalan. Jadi apa yang  harus yang di lakukan untuk mengontrol rasa malu dan takut itu pada batas yang wajar. Simak tips berikut ini.

1.  Awali dengan berdo’a di setiap saat ketika anda merasa takut dan malu memulai sesuatu

2.  Memperbanyak pergaulan dengan teman-teman yang lain agar terbiasa berkomunikasi

3.  Hargai diri sendiri hilangkan anggapan bahwa diri kita rendah di hadapan orang

4.  Jadikan kekurangan yang ada sebagai pemicu untuk terus berprestasi

5.  Mulailah berlatih dengan pertanyaan-pertanyaan kecil jika berada disebuah forum

6.  Buatlah persiapan yang matang jika menjadi seorang penyaji

7.  Yakinkan diri anda bahwa anda mampu mengemban tugas yang dibebankan

8.  Galilah hobi anda yang bermanfaat; biasanya ketika hobi itu dapat bermanfaat untuk orang lain akan menambah rasa percaya diri dan bangga

9.  Jangan putus asa ketika kenyataan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan; terus berusaha insya allah suatu saat nanti kita akan berhasil


Mudah-mudahan tips di atas bermanfaat, selamat mencoba.

 


Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: