Industri Mengalami Perubahan Besar di Era kecerdasan Buatan


Wakhidahmad.com - Dalam beberapa tahun terakhir teknologi kecerdasan buatan telah berkembang pesat, terutama terobosan dalam kemampuan komputasi big data dan algoritma. Secara tidak langsung telah mempromosikan teknologi AI berbagai industry. Terlebih setelah teknologi IoT semakin berkembang.

Semua sektor bisnis maupun industri memiliki ruang untuk memperoleh data tanpa batas. Sehingga perusahaan dapat mewujudkan inovasi lebih cepat dan negara  dapat menggunakan big data untuk memperoleh wawasan tentang ekonomi bisnis di masa depan.

Penerapan teknologi IoT dan AI telah mempromosikan transformasi digital di masyarakat. Otomatisasi industri manufaktur telah meningkat. Sebagian besar robot industri telah dioperasikan, ini menyebabkan semua sektor mulai khawatir tentang otomatisasi dan robot kecerdasan buatan. Dampaknya pada lapangan kerja manusia yang mulai berkurang. 

Industri Mengalami Perubahan Besar di Era kecerdasan Buatan
Era Kecerdasan Buatan

sebelumnya  laporan survey dari  McKinsey menunjukkan bahwa dengan kemajuan teknologi, sebanyak 800 juta pekerjaan di seluruh dunia akan digantikan oleh robot pada tahun 2030. Banyak pekerjaan hilang yang hilang dari adanya teknologi kecerdasan buatan. Awal tahun 2020 ini, Brookings Institution melaporkan bahwa otomatisasi mesin akan menggantikan 25% karyawan AS.

Teknologi baru ini penuh dengan tantangan bagi kehidupan bermasyarakat dunia. Berbagai institusi telah berhasil membentuk komite etika kecerdasan buatan, dan bahkan menganjurkan robot untuk membayar pajak. Pembayaran pajak juga telah diperdebatkan untuk membantu orang-orang yang menganggur kerana robot mendapatkan pelatihan keterampilan kerja.

Beberapa bidang yang telah baralih dari tenaga manusia ke robot sebagai berikut :

Logistik dan Gudang

Kecerdasan buatan telah memicu perubahan dalam pasar kerja Sehubungan dengan distribusi pergudangan dan logistic. Banyak basis gudang saat ini menggunakan sejumlah robot untuk memilah barang, termasuk Cainiao Network IoT Future Park di Wuxi, Jiangsu. Mode operasi bergeser ke operasi otomatis dengan mengandalkan kecerdasan buatan.

Perusahan retail JD.com dan Rakuten Co., Ltd. mencapai kerjasama bulan lalu. Rakuten Co., Ltd. menggunakan JD.com untuk menyediakan drone dan robot distribusi untuk menyelesaikan pengiriman ke pelanggan. Di bidang logistik, robot ekspres JD telah mengganti banyak tenaga kerja manusia beralih ke robot.

Industri manufaktur

Perusahaan Foxconn telah menggunakan lebih dari 40.000 robot di pabrik utama distrik China. Robot industri menunjukkan tren yang berkembang secara global. Antara tahun 2018 dan 2021, diperkirakan hampir 2,1 juta robot industri sudah dipasang di pabrik-pabrik secara global. Data ini berasal dari International Robotics Federationdan (IFR). China  Sebagai konsumen robot industri, Permintaan robot China akan mencapai 40% dari permintaan global.

Tentu saja, pengembangan dan penerapan teknologi inovatif seperti kecerdasan buatan dan robot akan menyebabkan sejumlah besar pekerjaan yang digantikan oleh mesin, tetapi juga akan ada banyak pekerjaan baru, meskipun mesin akan menjadi kekuatan utama di lini perakitan produsen besar.


Medis
Teknologi robot juga telah memasuki ruang operasi rumah sakit. Penggunaan robot untuk operasi bedah meningkatkan efisiensi prosedur. Pada saat yang sama, penggunaan robot medis telah secara bertahap menarik perhatian global.

Robot datang ke rumah sakit misalnya, robot STAR memotong lebih akurat daripada ahli bedah profesional dan mengurangi kerusakan otot-otot di sekitarnya. Ada juga robot Da Vinci XI empat lengan untuk pasien berusia 41 tahun dengan reseksi panggul total. Luka bedah hanya 5 cm. Tentu saja, seluruh operasi dikendalikan oleh dua dokter ahli bedah.

Dengan perkembangan teknologi, semakin banyak robot yang dapat dilihat di ruang operasi. Mungkin dalam waktu dekat, robot dapat beroperasi secara mandiri tanpa kendali dokter.

Layanan pelanggan berbasis robot

Kedepan layanan panggilan operator mungkin juga bisa di kendalikan oleh robot Meskipun robot telemarketing menghadapi banyak kontroversi, industri pemasaran seperti layanan pelanggan pintar, layanan pelanggan, dan telepon juga memungkinkan teknologi kecerdasan buatan menunjukkan kekuatannya.

Robot khusus mengandalkan teknologi AI seperti kecerdasan buatan dan suara cerdas di balik penerimaan dan melakukan panggilan. Telepon robot seperti ini tidak hanya akan membantu tapi juga bisa mengganggu kehidupan manusia karena bisa menjadi sumber penipuan.

Pendidikan

Melalui pengenalan gambar, robot dapat mengoreksi makalah pengujian, mengenali dan menjawab pertanyaan, dll. Pengenalan ucapan memperbaiki dan meningkatkan pelafalan, dan interaksi manusia-komputer dapat melakukan penjawaban pertanyaan online, dll.

Kombinasi AI dan pendidikan dapat meningkatkan masalah distribusi guru yang tidak merata dan biaya tinggi dalam industri pendidikan sampai batas tertentu. Sehingga memberi guru dan siswa dengan metode pembelajaran yang lebih efisien.

Keamanan

Beragam bidang keamanan mulai dari individu dan keluarga, hingga komunitas, kota, dan keamanan nasional. Saat ini, ada empat jenis utama produk keamanan cerdas yaitu analisis tubuh manusia, analisis kendaraan, analisis perilaku, dan analisis gambar, aplikasi di bidang keamanan terutama berfungsi melalui pengenalan gambar, big data, dan teknologi terstruktur video. Ini banyak digunakan di bidang keamanan publik, transportasi, bangunan, keuangan, industri, dan catatan sipil.

Lalu Lintas

Big data dan kecerdasan buatan dapat membuat transportasi menjadi lebih pintar. Sistem transportasi cerdas adalah produk dari aplikasi komunikasi, informasi, dan teknologi kontrol yang terintegrasi dalam sistem transportasi. 

Dengan mengumpulkan dan menganalisis arus kendaraan dan kecepatan mengemudi dalam lalu lintas, lalu lintas dapat dimonitor dan dikirim untuk menyederhanakan manajemen lalu lintas, dan mengurangi polusi lingkungan. 

Orang yang mengemudi dalam waktu lama akan merasa lelah dan rentan terhadap kecelakaan lalu lintas, sementara mengemudi tanpa pengemudi dengan sistem robot akan menyelesaikan masalah ini dengan baik. 

Sistem kendali tanpa  awak juga dapat melakukan analisis terintegrasi pada lampu lalu lintas, peta navigasi mobil, kepadatan rute lalu lintas. Dengan itu dapat meningkatkan pemanfaatan jalan, mengurangi kemacetan lalu lintas, dan menghemat waktu perjalanan.

Rumah Pintar

Rumah pintar didasarkan pada teknologi Internet of Things, dan membentuk ekosistem rumah lengkap melalui perangkat cerdas, sistem perangkat lunak, dan platform komputasi awan.

Pengguna dapat mengontrol peralatan dari jarak jauh, interkoneksi, dan berkomunikasi satu sama lain, dan melakukan pembelajaran mandiri, dll. Untuk mengoptimalkan keselamatan, penghematan energi, dan kenyamanan lingkungan rumah secara keseluruhan. 

Perlu ketahui speaker pintar telah menjadi nyawa dalam perkembangan teknologi suara cerdas. Speaker pintar tidak hanya produk audio, tetapi juga produk cerdas yang mencakup layanan konten, layanan Internet, dan fungsi interaksi suara. Tidak hanya memiliki konektivitas WiFi tapi juga menyediakan layanan konten seperti musik dan buku audio, layanan Internet seperti penjelajahan informasi dan belanja online.

Raksasa teknologi secara aktif mengembangkan teknologi AI. Pada saat yang sama, dengan bantuan kebijakan dan modal, teknologi AI telah berkembang dengan cepat. Meskipun perkembangan teknologi akan menemukan perubahan di pasar kerja, ia dapat menyuntikkan vitalitas ke dalam ekonomi global. Kecerdasan buatan telah meningkat ke strategi tingkat nasional. Pada tahun 2030, banyak negara yang akan menjadi pusat inovasi kecerdasan buatan dunia, termasuk Amerika Serikat, China dan Eropa, yang akan meluncurkan strategi nasional dalam perkembangan AI.
Source : labkom99.com

0 Response to "Industri Mengalami Perubahan Besar di Era kecerdasan Buatan"

Post a Comment