Masjid Quanzhou Bukti Peradaban Islam Tertua di China

Masjid Quanzhou Bukti Peradaban Islam Tertua di China
Bangunan Sisi Dalam Masjid Quanzhou


Agama menyampaikan semangat kepada semua penganutnya melalui ajaran – ajaran suci dan luhur. Disisi lain,desain arsitektur indentitas agama memiliki arti yang memiliki makna tersirat. Masjid Qingjing  Quanzhou merupakan bukti sejarah perdaban Islam tertua di China. Ada sebuah prasasati batu di dalam Masjid Qingjing Quanzhou dengan tulisan Arab yang mencatat bahwa masjid ini didirikan pada tahun 1009 M selama Dinasti Song sekitar tahun 960-1279 M.

Masjid Quanzhou bukti peradaban islam tertua di China memiliki desain arsitektur religius sangat rumit, ini adalah proposisi abadi bagaimana membuat orang percaya pada ruang sederhana dan menerobos batas-batas antara fisik, mental dan spiritual. Kita dapat menemukan bahwa hampir semua masjid tradisional menggunakan batu besar dan yang berat untuk membuat menara dan kubah yang megah.


Masjid Quanzhou Bukti Peradaban Islam Tertua di China
Gerbang Depan Masjid Quanzhou
Bertahun-tahun yang lalu, Marco Polo menulis dalam catatan perjalanannya bahwa Quanzhou adalah pelabuhan terbesar di dunia. Pada waktu itu, para pengusaha dari seluruh dunia datang ke Quanzhou berdagang. Quanzhou menjadi kota metropolis, semua pelabuhan dan dermaga beropasi setiap hari tanpa henti. Kabanyakan dari merka berasal dari tahah Gujarat arab. Masjid di Quanzhou ini adalah menjadi tempat ternyaman mereka dalam berdagang.

MasjidQuanzhou mencakup area seluas 2184meter persegi, dengan gerbang masjid menghadap ke selatan. Terlintas terlihat seperti bangunan Damaskus dan Suriah. Menyerupai model masjida islam abad pertengahan di wilayah Arab. Bangunan utama terdiri dari menara gerbang, mimbar, dan Balai Mingshan.

Masjid Quanzhou Bukti Peradaban Islam Tertua di China
Kaligrafi Bangunan Masjid Quanzhou

Gerbang masjid memiliki spesifikasi megah setinggi 20meter dan 5meter membuat orang merasa sangat takjub. Bangunan ini dilapisi dengan dua ukiran batu Arab kuno, yang mencatat usia masjid. Ini adalah bukti masjid Islam tertua yang ada di China dengan gaya arsitektur Arab.


Secara khusus, gerbang dibangun dengan diabase dan granit.Malihat ke atas kita dapat melihat ketiga kubah bata lengkungan bulat. Semua lengkungan bulat  dihiasi dengan kaligrafi yang bertuliskan asmaulkhusna.

Baca Juga : Xi'an, Terracotta Warriors

Dinding timur memiliki gerbang melengkung yang runcing, bidangnya horizontal persegi panjang, dan dindingnya terbuat dari granit. Delapan jendela persegi besar di dinding selatan, dan sebuah pintu di dinding utara. Melihat lebih dekat pada dinding luar dan jendela dinding selatan dan relung besar dan kecil di pedalaman memiliki Alquran kuno yang tertulis dalam tulisan-tulisan Arab kuno.

0 Response to "Masjid Quanzhou Bukti Peradaban Islam Tertua di China"

Post a Comment