Cara Efektif Mencegah Terinfeksi Virus Corona

Cara Efektif Mencegah Terinfeksi Virus Corona


WakhidAhmad.com - Indonesia telah dihebohkan dengan andanya berita warga negaranya terinfeksi virus corona. Virus ini sudah mewabah sejak desember 2019 di kota asalnya Wuhan Tiongkok. Berdasarkan informasi saat ini, berspekulasi bahwa sumber coronavirus di Wuhan mungkin adalah kelelawar. Nah bagaimana Cara Efektif Mencegah Terinfeksi Virus Corona ?

Banyak hewan liar di alam dapat membawa coronavirus menjadi media penularan penyakit, seperti musang, kelelawar, tikus , berudu, dll. Wabah pneumonia virus di Wuhan memiliki banyak kemiripan dengan wabah SARS di Guangdong pada tahun 2002.

Mereka semua terjadi selama musim dingin. Kejadian awal berasal dari kontak langsung disalah satu pasar hewan wuhan ke manusia. Dikarenakan coronavirus belum diketahui makabanyak yang berspekulasi pada awalnya diduga sumbernya mungkin daari kelelawar .

Virus corona dapat bertahan hidup selama beberapa jam pada permukaan yang halus. Jika suhu dan kelembabannya cocok, virus ini dapat bertahan selama beberapa hari. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa coronavirus dapat bertahan hingga 5 hari.

Untuk menangani kuman ini, Anda harus memperhatikan untuk mencuci tangan sesering mungkin, mendisinfeksi sesering mungkin, membuka lebih banyak jendela, dan menggunakan udara segar atau pembersih udara jika memungkinkan.

Unit dengan area yang luas dapat dilengkapi dengan pendingin udara sentral dengan fungsi pemurnian udara. Selama Anda merawatnya dengan baik, memperhatikan kebersihan, dan tetap berada dalam rumah dan jangan menyentuh atau berinterkasi dengan orang yang memiliki gejala, Anda masih bisa mengurangi risiko infeksi.

Coronavirus yang baru sebenarnya tidak mengerikan selama Anda memperhatikan pencegahan. Anda harus memiliki kebiasaan yang baik untuk dapat secara efektif mencegahnya. Berikut rangkuman cara pencegahanya.


Selalu Berfikir Positif  dan Jangan Panik

Mentalitas seseorang sangat penting dalam menghadapi segala situasi. Gunakan mentalitas untuk mengatasi semau masalah apa pun itu. Jangan pernah menakuti diri sendiri atau mimiliki perasaan kahawatir yang berlebih.

Hal itu bisa menyebabkan anda stres dan membuat imunitas tubuh menerun. Jika Anda memiliki sikap optimis dan suasana hati yang baik, sistem kekebalan tubuh Anda akan bekerja lebih baik.


Perbaiki Rutinitas Hidup

Tubuh sehat yang baik dapat lebih baik melawan invasi berbagai virus, dan tubuh yang sehat membutuhkan kualitas tidur yang baik. Ini membutuhkan waktu tidur lebih awal dan bangun pagi. Jangan begadang semalaman untuk mengurangi atau menghancurkan fungsi detoksifikasi sistem Anda sendiri.


Hindari Makanan Mentah

Orang yang memiliki hobi kulineran pasti akan mencoba segala macam makanan. Sebenarnya boleh – boleh saja tapi jangan berlebihan. Makan sangat penting bagi kesehatan tubuh terlebih dengan pola gizi seimbang. Hindari memakan daging mentah, telur mentah, makanan dingin, dll.


Jaga Kebersihan

Perhatikan kebersihan agar terhindar dari virus dan bakteri. Sering-seringlah mandi, mengganti seprai dan usahakan desinfeksi dengan sinar matahari. Anda harus mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan setelah menangani beberapa hal kotor dan menggunakan pembersih tangan atau sabun untuk mencuci. Jangan meludah, tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu ketika bersin. Jangan membuang kotoran di mana pun.


Hindari Keramaian

Di tempat-tempat ramai Anda tidak pernah tau akan berinteraksi dengan siapa dan tidak akan tahu kalua di tempat tersebut ada orang yang sudah terinfeksi. Jika memang perlu harus keluar cara yang terbaik adalah memakai masker untuk mencegah penyebaran dan penularan.


Pastikan Ada Pergantian Udara Dirumah

Buka jendala agar udara berganti sehingga ruangan tetap segar. Penting untuk menjaga udara tetap mengalir untuk menghindari konsentrasi virus dan bakteri.


Hindari Pasien Terinfeksi

Tidak mengunjungi pasien dengan indikasi demam dan batuk atau sudah terinfeksi, isolasi mereka di tempat yang sudah disediakan Pemerintah. Jika anda mengalami gajala batuk, pilek, radang tenggorokan bahkan demam tinggi segera periksakan ke dokter.



Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: