Industri Yang Memiliki Prospek Penerapan IoT Kedepan

Industri Yang Memiliki Prospek Penerapan IoT Kedepan

Industri Yang Memiliki Prospek Penerapan IoT Kedepan

WakhidAhmad.com - Penerapan IoT dalam industri terus mengalami tingkatan. Banyak bidang yang  terus mengembangkan teknologi IoT untuk memudahkan dalam proses bisnis maupun produksi. Kali Ini kita bahas beberapa Industri  yang meiliki prospek penerapan IoT  kedepan.

Logistik Pintar

Logistik pintar mengacu pada dukungan teknologi informasi seperti Internet of Things, Big Data, kecerdasan buatan, dll. Untuk mencapai persepsi sistem, analisis dan pemrosesan komprehensif dalam bidang logistik, penyimpanan, transportasi, distribusi, dan tautan lainnya.
Saat ini, aplikasi di bidang Internet of Things terutama tercermin dalam tiga aspek, penyimpanan, pemantauan transportasi dan terminal ekspres, dll., Melalui teknologi Internet of Things untuk mencapai pemantauan barang dan pemantauan kendaraan transportasi, termasuk lokasi dan status kendaraan barang dan suhu dan kelembaban barang, konsumsi bahan bakar Dan kecepatan kendaraan, penggunaan teknologi Internet of Things dapat meningkatkan efisiensi transportasi dan meningkatkan tingkat kecerdasan seluruh industri logistik.

Transportasi Pintar

Transportasi Pintar adalah perwujudan penting dari Internet of Things, menggunakan teknologi informasi untuk mengintegrasikan manusia, mobil, dan jalan raya. Tujuanya untuk meningkatkan lingkungan transportasi, memastikan keselamatan lalu lintas, dan meningkatkan pemanfaatan sumber daya. 

Area spesifik aplikasi yang menggunakan teknologi Internet of Things termasuk bus pintar, sepeda bersama, Trafik  mobil, pemantauan pengisian bahan bakar, lampu lalu lintas pintar, dan parkir pintar. Di antara itu, Internet dalam  Kendaraan adalah area yang bersaing dengan produsen besar dan perusahaan Internet yang masuk dalam beberapa tahun terakhir.

Keamanan Pintar

Keamanan adalah pasar aplikasi besar untuk Internet of Things, karena keamanan selalu menjadi kebutuhan dasar orang. Keamanan tradisional memiliki ketergantungan besar pada personel, yang sangat padat karya, dan keamanan cerdas dapat mewujudkan penilaian cerdas melalui peralatan. 

Saat ini, bagian paling inti dari keamanan pintar adalah sistem keamanan cerdas, yang mentransmisikan dan menyimpan gambar yang diambil, serta menganalisis dan memprosesnya. Sistem keamanan cerdas yang lengkap terutama terdiri dari tiga bagian, kontrol akses, alarm, dan pemantauan. Pemantauan berbasis video adalah industri utama yang sangat pesat di kembangkan.

Energi Pintar Ramah Lingkungan

Energi pintar dan ramah lingkungan adalah bagian dari kota pintar. Penerapan Internet of Things terutama difokuskan pada air, listrik, gas, lampu jalan dan sumber energi lainnya, serta perangkat perlindungan lingkungan seperti penutup lubang got dan tempat sampah. 
Seperti smart manhole cover memantau ketinggian air dan statusnya, smart water dan meter listrik untuk mencapai pembacaan meter jarak jauh, penginderaan otomatis sampah pintar. Teknologi Internet of Things diterapkan pada air tradisional, listrik, dan peralatan energi ringan untuk jaringan. Melalui pemantauan, efisiensi pemanfaatan ditingkatkan dan ramah lingkungan.

Medis Pintar

Di bidang kedokteran cerdas, penerapan teknologi baru harus berpusat pada manusia. Teknologi Internet of Things adalah cara utama untuk mendapatkan data, yang secara efektif dapat membantu rumah sakit mencapai manajemen manusia cerdas dan manajemen peralatan yang cerdas. 

Manajemen manusia cerdas mengacu pada pemantauan keadaan fisiologis orang (seperti frekuensi detak jantung, aktivitas fisik, tingkat tekanan darah, dll.) Melalui sensor, terutama mengacu pada perangkat yang dapat dipakai medis, dan mencatat data yang diperoleh ke dalam file kesehatan elektronik Untuk kenyamanan individu atau dokter. Selain itu, melalui teknologi RFID, peralatan dan artikel medis dapat dipantau dan dikelola, dan peralatan dan persediaan medis dapat divisualisasikan, terutama sebagai rumah sakit digital.

Bangunan Pintar

Kemajuan dalam teknologi telah mempromosikan pengembangan bangunan cerdas. Bangunan pintar berdasarkan teknologi baru seperti Internet of Things telah menarik perhatian lebih. Bangunan pintar saat ini terutama diwujudkan dalam penghematan energi.

Mengindera, mentransmisikan, dan menerapkan pemantauan jarak jauh. Perawatan Peralatan tidak hanya dapat menghemat energi tetapi juga mengurangi operasi dan pemeliharaan gedung. Menurut survei, Eum think tank telah belajar bahwa bangunan pintar saat ini terutama tercermin dalam pencahayaan listrik, pemantauan kebakaran, lift cerdas, pemantauan bangunan, dan pemantauan rayap di bidang bangunan kuno.

Manufaktur Pintar

Konsep segmentasi manufaktur cerdas adalah luas dan melibatkan banyak industri. Volume pasar yang besar di bidang manufaktur adalah bidang aplikasi penting dari Internet of Things, terutama tercermin dalam transformasi pabrik digital dan cerdas.

Hal serupa termasuk pemantauan mesin dan peralatan pabrik serta pemantauan lingkungan pabrik. Dengan memasang sensor yang sesuai pada peralatan, produsen peralatan dapat memonitor, meningkatkan, dan memelihara peralatan dari jarak jauh kapan saja, di mana saja. Untuk lebih memahami penggunaan produk, menyelesaikan pengumpulan informasi siklus hidup produk, memandu desain produk dan Layanan purnajual, dan lingkungan pabrik terutama mengumpulkan suhu dan kelembaban, asap dan informasi lainnya.


Rumah Pintar

Smart home mengacu pada penggunaan berbagai metode dan peralatan untuk meningkatkan kemampuan orang untuk hidup dan membuat rumah lebih nyaman, aman dan efisien. 

Internet of Things digunakan di bidang rumah pintar, yang dapat memantau posisi, status, dan perubahan produk rumah, menganalisis karakteristik mereka yang berubah, dan pada saat yang sama memberikan umpan balik sampai batas tertentu sesuai dengan kebutuhan manusia. 

Pengembangan industri rumah pintar terutama dibagi menjadi tiga tahap, koneksi produk tunggal, hubungan fisik dan material dan integrasi platform. Arah pengembangannya adalah untuk menghubungkan item rumah pintar terlebih dahulu, kemudian ke hubungan antara item yang berbeda, dan akhirnya ke platform sistem rumah pintar. Saat ini, berbagai perusahaan rumah pintar berada dalam fase transisi dari produk tunggal ke interaksi fisik-material.

Ritel Pintar

Dalam industri ritel dibagi menjadi tiga bentuk yang berbeda sesuai jarak. Ritel lapangan jauh, ritel lapangan menengah, dan ritel lapangan dekat.Tiganya diwakili oleh e-commerce, pusat perbelanjaan / supermarket, dan toko serba ada / mesin penjual otomatis.

Teknologi IoT dapat digunakan dalam ritel lapangan-dekat dan lapangan-menengah, dan terutama digunakan dalam ritel lapangan-dekat, yaitu toko serba ada dan mesin penjual otomatis (tak berawak). Smart retailing memiliki model ritel tak berawak dengan meningkatkan dan mengubah mesin penjual tradisional dan toko serba ada secara digital. Melalui analisis data, dan memanfaatkan sepenuhnya arus penumpang dan aktivitas di toko, untuk memberi pengguna layanan yang lebih baik dan memberikan efisiensi operasi yang lebih tinggi kepada bisnis. Sumber Labkom99.com

Pertanian Pintar

Pertanian pintar mengacu pada metode produksi pertanian baru yang menggunakan teknologi informasi modern seperti Internet of Things, kecerdasan buatan, dan big data. Tujuanya untuk berintegrasi secara mendalam dengan pertanian sehingga mencapai persepsi informasi, manajemen yang tepat dan kontrol cerdas dari seluruh proses produksi pertanian.


Baca Juga : Integrasi Internet of Things Dalam Kehidupan Sehari-hari


Diagnosis visual, remote control dan peringatan dini bencana. Penerapan Internet of Things untuk pertanian terutama tercermin dalam dua aspek yaitu budidaya pertanian dan peternakan.

Penanaman pertanian mengumpulkan data melalui sensor, kamera, dan satelit untuk mewujudkan digitalisasi tanaman dan digitalisasi peralatan mekanik terutama mengacu pada jaringan mesin pertanian. Peternakan mengacu pada penggunaan tag telinga tradisional, perangkat yang dapat dipakai, dan kamera untuk mengumpulkan data tentang produk ternak dan unggas, menganalisis data yang dikumpulkan, dan menggunakan algoritma untuk menentukan status kesehatan, status makanan, informasi lokasi, dan periode estrus dari produk ternak dan unggas. Sehinggga dapat meramalkan dan dapat mengelolanya secara akurat.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: